Vocabulary List of Coffee (part 1)

Posted on | Tuesday, January 4, 2011 | No Comments


Di suatu sore, di sebuah cafe, saya mengalami pembicaraan yang sedikit aneh dengan sang waiter saat memesan kopi. Sedikit. Saya, yang terbiasa memesan racikan kopi dengan rasa yang kuat, bertanya dari dua nama asing di menu, mana yang lebih pahit. Mungkin karena kalau cappuccino atau yang sudah banyak diracik dengan ini itu, rasa kopinya jadi tertimbun. Lagipula kalau ternyata minumannya terlalu pahit, saya toh bisa menambah gula kapan saja. Saya lupa saat itu pesan minuman apa. Yang pasti, setelah menyatakan pilihan saya, Mas nya berkata, "tapi ini pahit lho, mbak". Saya bilang saya sudah tahu karena tadi sudah dijelaskan. Lalu ia bilang lagi, "tapi ini pahit, mbak.pahit.." Sambil curiga si Masnya belum ngorek kuping hari itu, saya perjelas lagi, "iya, saya tau. Kalo mau manis, saya pesen minuman dengan bahan dasar coklat atau pesen susu sekalian, mas". Akhirnya si masnya bilang, "oh, abisnya cewe biasanya ga pesen yang pait-pait.."

Really? Ya mungkin cafe itu jarang didatangi perempuan seperti saya. Atau si masnya pas giliran jaga, kebetulan nggak pernah ketemu yang pesennya kopi kuat. Anyway, ternyata obrolan kopi-ini-pahit-lho-mbak ternyata cukup lama dan sudah ada tiga orang antri di belakang saya. Jadi kepikiran, kayaknya mungkin ada baiknya tahu beberapa istilah supaya ga lama nanya-nanya dan memutuskan.

:: caffè (espresso) — Istilah ini sangat umum. Kopi dengan rasa sangat kuat disajikan dalam gelas yang sangat kecil.
:: caffè Americano — Kopi gaya Amerika, rasanya tidak sekuat espresso dan disajikan dalam gelas yang lebih besar.
:: caffè corretto — coffee yang dicampur dengan grappa, cognac, atau minuman beralkohol lainnya.
:: caffè doppio — double espresso
::caffè freddo — es kopi
:: caffè Hag — kopi yang sudah diproses dekafein
:: caffè latte — kopi yang dicampur dengan susu panas dan disajikan, biasanya, untuk sarapan
:: caffè macchiato — espresso yang dicampur dengan sedikit susu, tidak sebanyak saat membuat cappuccino
:: caffè marocchino — espresso yang dicampur susu panas dan bubuk coklat
:: caffè stretto — espresso dengan air yang lebih sedikit. Very Strong!
:: cappuccino — espresso yang dicampur dengan susu yang di steam.
:: granita di caffè con panna — minuman kopi yang dibekukan, mirip slush, disertai serutan es di atasnya dan dihiasi dengan whipped cream.

Enjoy! :)

Comments

Leave a Reply

visitors

Popular posts

Followers